Rabu, 01 Februari 2012

Psychology, Not Too Bad, Psychology is The Best!

Well, gak terasa sudah satu setengah tahun aku berada di Kota Solo, menempa ilmu psikologi. So far, psychology is very very interesting. Makin tinggi semester, makin beragam ilmu psikologi yang dipelajari dan makin menarik.

Meski aku dulunya tak ingin di sini. Cita2ku dulu menjadi seorang akuntan, karena prospeknya cerah. Maka, setelah lulus SMA, aku mendaftar di beberapa universitas yang berjuruskan akuntansi. Idealis memang. Mungkin juga tidak realistis bagi beberapa orang di sekitarku karena aku sekolah di jurusan IPA, tapi tertarik dan mendaftar di jurusan rumpun sosial-ekonomi, akuntansi.

Motivasiku mungkin pertama dari kedua kakakku yang mengambil kuliah jurusan manajemen dan perpajakan. Saudara2 sepupuku mayoritas berkuliah di jurusan akuntansi. Mungkin berkiblat dari situlah, aku bersikeras untuk menembus jurusan itu.

Awalnya aku ditawari PMDK UI. Waktu itu bulan Januari 2010. Aku berusaha up to date informasi perkuliahan dari BK, internet, kakak tingkat, pokoknya tanya sana sini. Googling sana sini, meskipun waktu itu fasilitas internet aku dapatkan dari HP (males bolak balik warnet). Akhirnya setelah mempertimbangkan berbagai hal, aku mendaftar PMDK akuntansi UI. Berani sekali mungkin. Guru BK saja sudah mengingatkan, tahun lalu kakak tingkat ada yang tidak lolos masuk akuntansi UI, karena dari IPA. Tapi dengan segala keidealisan, aku mendaftarnya. Dan aku harus mengikhlaskannya karena aku tidak diterima di jurusan ini.

Aku pun mendaftar akuntansi UI melalui jalur lainnya, SIMAK UI dan UMB. Lagi2 juga tidak ada yang diterima. Akhirnya aku mendaftar UM UGM, dengan menempatkan akuntansi pada urutan pertama tentunya. Dan lagi2 juga tidak diterima. Mungkin juga karena pengetahuan sosial-ekonomiku belum terasah dibandingkan dengan anak IPS lain. Intinya kalah bersaing. Air mataku mungkin sampai habis karena tidak kunjung diterima di universitas. Sampai akhirnya aku menurunkan idealisku dengan mempertimbangkan psikologi sebagai alternatif lain. Aku juga menurunkan grade di SNMPTN, karena UI dan UGM kuotanya sangat sedikit. Dan aku juga harus mengalah, dengan menembak UNS sebagai tempat kuliahku. Padahal aku belum pernah ke Solo sama sekali. Tapi biarlah karena yang kuota UNS memang paling besar di SNMPTN dan biaya hidup juga lebih miring dibandingkan dengan kota lainnya.

Berikut jurusan yang aku pilih pada saat mendaftar kuliah:
1.PMDK UI
Akuntansi

2.UM UGM
Akuntansi
Ilmu Gizi
Psikologi

3.SIMAK UI
Akuntansi
Ilmu Gizi
Psikologi

4.UMB
Psikologi UI
Kesehatan Masyarakat UI
Gizi UI
Akuntansi UNNES

5.SNMPTN
Akuntansi UNS
Psikologi UNS
Peternakan UNDIP

6.STAN
Perpajakan
PBB
Akuntansi

Setelah ditolak semua dari nomer 1 sampai dengan 4, aku pun mengikuti ujian SNMPTN. Soal2 Ujian Masuk sudah aku pelajari, dari yang offline sampai online. Untuk SNMPTN, aku hanya mempelajari buku SNMPTN pemberian mbakku, sepintas saja. Aku malah mantengin belajar di STAN. Karena soal SNMPTN itu lebih susah dan njlimet, harus pake trik untuk mengerjakannya.

Ujian SNMPTN dan STAN berturut2. Setelah SNMPTN, barulah USM STAN. Aku bolak balik ke Jogja untuk ujian tersebut.

Waktu pengumuman SNMPTN, aku sudah pasrah. Aku sangat pesimis dan memikirkan kemungkinan terburuk diterima di peternakan, dan aku harus bisa menjadi peternak yang sukses. Dan takdir berkata lain. Allah menghendaki aku kuliah di Psikologi UNS. Subhanallah. Aku sangat bahagia sekali waktu itu karena diterima di PTN dengan jerih payahku selama ini.

Akan tetapi, keinginan untuk menjadi akuntan masih tersimpan. Waktu itu pertama kali aku ke Solo, aku merasakan inilah kampusku. Tapi nuraniku berkata, apakah aku bisa mendalami dan tertarik di psikologi?

Aku masih berharap untuk diterima STAN. Tapi takdir berkata lain, STAN menolakku.
Akhirnya dengan bersyukur, aku mengikuti perkuliahan di psikologi UNS. Meskipun aku masih asing dengan apa itu psikologi. Bagaimana prospek ke depannya? Apakah materinya menarik ya? Hmm.

Semester 1. Mata kuliah yang berbau psikologi baru 1, yaitu psikologi umum I, sebagai dasar untuk mempelajari ilmu lainnya. Sering banget pas semester 1 pas lagi pelajaran sampai ketiduran. Ya, karena materinya masih sangat membosankan, masih berbau SMA. Pikirku waktu itu. Tapi gimana pun, aku harus mengupayakan yang terbaik karena di sinilah aku bertahan dan menuntut ilmu. Aku tidak boleh mengecewakan orang2 yang ku sayang.

Semester 2. Materi yang berbau psikologi makin banyak, tetapi baru pengantar. Hmm, cukup menarik dan aku bersemangat kuliah semester ini. Di samping semangat kuliah, aku nyambi belajar untuk USM STAN 2011. Sejak bulan Januari aku mempelajari materi TPA dan TOEFL. Dan update info tentunya. Hingga bulan Juni aku menekuni materi USM STAN. Ya, dalam lubuk hatiku, aku ingin mengejar mimpiku, menjadi seorang akuntan. Tapi apa dikata, ketika pengumuman pendaftaran dibuka, ternyata peraturannya baru. Aku tidak masuk kualifikasi pendaftaran tentang usia. Usiaku 20 tahun lebih 1 bulan per September 2011. Ya Robb, aku menangis sejadi2nya. Jalan untuk menuju mimpi rasannya tertutup begitu saja. Usahaku untuk belajar seakan sia2. Akhirnya dengan penuh perenungan. Ya, mungkin menjadi akuntan bukan yang terbaik. Psikologi, itulah jalan terbaik yang sedang kau tempuh. Aku pun mulai mencintai psikologi sepenuh hati.

Semester 3 aku kuliah dengan semangat menggebu. Dan mengubur impianku untuk kuliah di jurusan akuntansi. Realistisku sekarang bisa mengalahkan idealisku.

Alangkah bahagianya aku, di sini aku menemukan teman-teman terbaik yang pernah aku miliki. Teman dari berbagai daerah dengan berbagai karakter dan ceritanya masing2. Teman2 kost yang penuh dengan kekeluargaan, sahabat2 kampus yang menyenangkan, teman2 organisasi yang menentramkan. Belum lagi dosen yang berwibawa dan intelektual, TU yang kocak, satpam yang ramah, ibu kantin yang selalu menyediakan makanan untuk perut lapar kami. Kakak tingkat yang menginspirasi. Adik tingkat yang menghormati. Semuanya ada di sini, di psikologi UNS tercinta.

Belum lagi menjadi panitia proker2 Himapsi. Dari workshop broadcasting, Lomba Cerpen Islami, Baksos, Serunai Ramadhan, Seminar Psikologi Islam, Wisuda, Kajian Bareng, Islamic Discussion, Osmaru. Selain menjadi panitia juga menjadi peserta seminar, antara lain seminar adiksi seksual, seminat kesehatan mental, kuliah umum, dan sebagainya. Dalam seminar ku temukan sosok2 yang menginspirasi, salah satunya Tika Bisono, S.Psi, M.PsiT.

Selain itu ada makrab, foto angkatan, jalan sehat, Study Visit ke Jakarta (salah satunya ke UI), membeli buku pelajaran ke Shopping Jogja bareng2, dan menghadiri wisuda kakak tingkat.

Selain kuliah memperdalam ilmu psikologi, juga bisa mengasah soft skill dan menambah pengalaman. Jadi, kamu menyesal kuliah di psikologi UNS? Jawabannya adalah TIDAK, aku sangat sangat bersyukur bisa kuliah di psikologi UNS karena di sinilah aku bisa mengembangkan diri sesuai dengan passionku yang sekarang, menjadi seorang psikolog klinis, Insya Allah. Aamiin ya Robbal ‘alamin. I Love Psychology.

58 komentar:

Unknown mengatakan...

saya pngin tnya2 soal psikologi UNS,
kalo psikologi rumpun IPA, bisa g ambil psikologi industri? terus biaya psikologi UNS jalur SNMPTN berapa ya?
makasih

fuchsia_orchid mengatakan...

Jawabannya bisa dek. Nanti penjurusan psikologi industri/klinis/sosial itu di program profesi/S2 psikologi. Kalau S1 psikologi masih luas, mempelajari psikologi dari segala bidang, baik dari psikologi klinis/industri/sosial.
Kalau untuk biaya coba cek di psikologi.fk.uns.ac.id atau uns.ac.id atau spmb.uns.ac.id
Berminat masuk ke psikologi UNS dek? Semoga diterima ya :)

Unknown mengatakan...

Wah ._. Aku mulai tertarik sama psikologi nih. Tapi ortu ngejar yg prospeknya jelas dulu (keguruan). Kira-kira kalo kuliah bisa nyambi gitu gak yah? Dua jurusan. Mau tetep ambil psikologi soalnya.

fuchsia_orchid mengatakan...

Hmm, ambil dua jurusan sekaligus ada plus minusnya dek. Plusnya bisa mendapatkan dua gelar sekaligus. Minusnya kamu harus bisa membagi waktu dengan bijak. Kuliah awal2 semester sangatlah padat. Bisa jadi jadwal kedua jurusan tersebut tabrakan. It's your choice dek. Kalo mbak menyarankan kamu fokus ke satu jurusan aja. Saran dari ortu untuk ambil jurusan keguruan, bisa dipertimbangkan. Kedua jurusan sama2 bagus prospeknya. Jurusan psikologi prospeknya juga luas, udah mulai dilirik sama bidang klinis/industri/sosial/pendidikan. Atau jalan tengahnya ambil jurusan pendidikan psikologi (BK), biar dapet dua2nya. Hehe :D

Unknown mengatakan...

Kak pelajaran ipa di psikologi UNS yang dipelajari apa aja ? Kaya fisika, kimia itu dipelajarin juga ngga kak ? Terus kalo buat SNMPTN bisa kan ya kak kalo aku pilih salah satunya psikolgi UNS ? Aku di sma dari jurusan ipa kak:) Aku minat banget di psikologi UNS kak:')

fuchsia_orchid mengatakan...

Di psikologi, mata kuliah yang berbau IPA itu psikologi faal dan statistik. Selebihnya mata kuliah berbau sosial dan psikologi (ilmu perilaku). Bisa banget dek, psikologi UNS itu masuk di Fakultas Kedokteran, jadi mayoritas mahasiswa psikologi UNS itu dari SMA jurusan IPA, karena SNMPTNnya dari jalur IPA, bukan IPS. Met belajar utk menggapai cita2mu yaa. Semoga diterima di psikologi UNS tahun depan, dek Nadia :D

Unknown mengatakan...

psikolog emk keren....
thn ini rencana aq mau masuk UNS jurusan psikolog
ikut jalur SNMPTN...
kebetulan cuma aq satu2 a siswi dr SMA aq yg ambil program psikologi.....
khususnya di UNS....

kirA2 peluangnya besar gk ya ... ??????

fuchsia_orchid mengatakan...

Dek Rachel mau ikutan snmptn undangan atau snmptn tulis? Utk daya tampung, coba cek di web www.snmptn.ac.id. Biasanya daya tampung psikologi uns lmyn besar kl dibandingkan dengan univ lain. Slmt belajar ya, smg sukses dan diterima di psikologi UNS 2014. Semangat! :)

Corat_Coret GIMELI mengatakan...

kaka saya ingin ambil psikologi uns, prospek kedepannya gimana ya ka? bisa bekerja dimana aja ya ka ? oya hafalan tentang materi psikologi apakah banyak bgt ?

fuchsia_orchid mengatakan...

Prospeknya bagus dek. Sarjana psikologi bisa ditempatkan di bbrp bidang. Bidang industri, jadi HRD. Bidang klinis, jadi asisten psikolog di RS. Bidang sosial, konsultan di LSM. Bidang pendidikan, jadi guru TK/Pendidikan Luar Biasa. Selain itu msh byk lagi pekerjaan di luar bidang, misal jadi pegawai bank, pegawai administrasi, PNS, dsb. Kalau mau lanjut ke S2 profesi, bisa buka praktik psikolog. Kalau lanjut S2 science bisa jadi dosen/peneliti. Mata kuliah di psikologi hampir semuanya hafalan dek. Yg hitung2an statistik n psikologi eksperimen. Tapi hafalannya juga aplikatif kok, nggak cuma ngapalin tapi bisa dipraktikkan dlm kehidupan sehari2. Semangat ya dek, semoga diterima di psikologi uns 2014 :)

Unknown mengatakan...

Kak mau tanya
Akkan dri jatim klo ptn pilihan satuku langsung UNS Psikologi itu susah nggk? Soalnya ada kabar itu klo UNS ngedepanin siswa jateng bru jatim.

fuchsia_orchid mengatakan...

Tergantung minatmu dek. Kalo bisa diurutin passing gradenya. Kalo emang psikologi UNS passing grade yg tertinggi di antara pilihanmu, taruh di pilihan pertama. Tapi kalo ada pilihan lain yg lebih tinggi passing gradenya, psikologi UNS taruh di pilihan kedua. Setauku SNMPTN itu dirangking nasional dan tidak memandang wilayah dek. Temenku juga ada yg dari Jatim masuk di psikologi UNS. Semoga diterima di psikologi UNS 2014 yaa. Semangat dek Bella :D

Unknown mengatakan...

Kak, kalau ips bisa masuk uns lewat jalur snmptn gak?

fuchsia_orchid mengatakan...

Bisa dek Zetta, asalkan bisa mengerjakan soal kemampuan ipanya.

Unknown mengatakan...

Contoh soal kemampuan ipa kyk gimana kak? kimia, fisika, biologi kah?

fuchsia_orchid mengatakan...

Iya, betul sekali dek Zetta, soal kemampuan ipa mencakup biologi, fisika, dan kimia. Contoh soal2nya bisa dilihat di buku latihan soal snmptn atau di internet :)

Amma mengatakan...

maaf mbak, maksudnya mengambil s2 science itu bagaimana ya? jadi s2 nya ngambil fakultas mipa? terus jurusan nya apa? mohon dijawab, terimakasih.

Unknown mengatakan...

kalau anak ips,tes masuk jurusan psikologi susah nggak kak? terus peluangnya gimana?

fuchsia_orchid mengatakan...

Dek Amma:
Bukan dek. Maksudku S2 Science itu S2 Magister Science, gelarnya M.Si. (Magister Science). Jurusannya macam2, bisa Psikologi Klinis, Psikologi Industri, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan. Biasanya S2 Magister Science dipersiapkan untuk menjadi dosen.
Beda lagi dengan Magister Profesi Psikologi, gelarnya M.Psi. Dikenal juga dengan sebutan psikolog. Kalau yang ini nantinya bisa jadi psikolog. Spesialisasinya sama dengan Magister Science.
Bedanya M.Si. cenderung ke teori, kalau M.Psi. cenderung ke praktik.

fuchsia_orchid mengatakan...

Dek Bangkit Ari:
Anak IPS peluangnya sangat besar masuk psikologi, karena S1 psikologi di Indonesia masuk ke rumpun IPS, kecuali di UNS dan UNPAD. Di UNS dan UNPAD, S1 psikologi masuk fakultas kedokteran. Jadi kalau mau masuk psikologi UNS dan UNPAD, anak IPS harus mengerjakan tes kemampuan IPA.

Unknown mengatakan...

pagi kak, saya ingin tanya kenapa psikologi di uns bisa masuk ke rumpun ipa? kira-kira apa yang menyebabkan hal itu? apa karna psikologinya masuk ke fk? atau ada alasan dan perbedaan lain? terimakasih kak

fuchsia_orchid mengatakan...

Dek Anisa:
Iya dek, krn psikologinya masuk ke fakultas kedokteran. Besok2 kalau psikologi UNS sudah jadi fakultas psikologi, akan menjadi rumpun ips. Mata kuliahnya sama dengan jurusan psikologi di universitas lain.

Unknown mengatakan...

aku mau tanya ka ka.. kan psikologi UNS masuknya fakultas kedokteran.. kalo masuk lewat SNMPTN nanti daftarnya fakultas kedokterannya gitu? berarti bersaing sama yang mau fk nya beneran dong? mohon minta penjelasannya hehe makasihh

fuchsia_orchid mengatakan...

Dek Luqyana:
Iya, daftarnya fakultas kedokteran jurusan p[sikologi. Jadi psikologi cuma nebeng di fakultas kedokteran dek. Saingannya tetep sama anak2 yang mau masuk ke jurusan psikologi, bukan sama anak kedokteran.

bella larashati mengatakan...

Aduh, kirain masuk IPS kak. Jadi bebas pelajaran ipa hahaha
Tapi pas baca2 komentar,ternyata dri ips tetep bisa
Sukses yaaa kak :)

fabina mengatakan...

kak matkul di jurusan psikologi tuh apa aja ya?

Citra Tunggadewi mengatakan...

Dek Bella Nanda:
Iya dek, dari IPS tetep bisa masuk psikologi UNS, asalkan waktu tes SNMPTN bisa mengerjakan kemampuan IPA. Aamiin, makasih yaa dek. Sukses juga buat dek Bella ^_^

Dek Fabina:
Mata kuliah di jurusan psikologi beraneka macam dek. Semester 1 dan 2 pelajarannya masih mata kuliah umum, seperti kewarganegaraan, sosiologi, antropologi, bahasa indonesia, bahasa inggris, dll. Semester 3 mata kuliahnya udah mulai menjurus ke psikologi, yaitu psikologi umum dan psikologi perkembangan. Semester 4-7 mata kuliahnya antara lain psikodiagnostik 1-3, asesmen psikologi, psikologi agama, psikologi lingkungan, psikologi sosial, psikologi industri, psikologi klinis, dan masih banyak lagi. Semester 7 udah bisa ambil mata kuliah skripsi.

Wida Falah mengatakan...

Kak bedanya psikolog ipa sama ips itu apa yaa? Terimakasih 😊

fuchsia_orchid mengatakan...

Dek Wida:
Bedanya jurusan psikologi rumpun IPA dan IPS adalah kalau rumpun IPA masuknya Fakultas Kedokteran, kalau rumpun IPS masuknya Fakultas Psikologi. Kalau mata kuliahnya sama kok dek antara jurusan psikologi yang masuk Fakultas Kedokteran atau Fakultas Psikologi.

Unknown mengatakan...

Halo Kak! Saya angkatan 2016, saya mau masuk psikologi tapi masih bingung antara unpad dan uns. sedangkan ada tmn saya yg "kalo akreditasinya blm A mendingan jangan" jd saya agak ragu buat ambil uns, padahal kuliah dimana saja nggak masalah menurut saya. Nah ada lagi teman saya yg bilang "kata nya, akreditasi nya B itu karena gedungnya masih agak jelek" sebenernya bener ga sih kak gedungnya masih agak jelek? dan kira2 yg bedain psikologi uns itu apa ya kak?

Yumna Ghina Mustika mengatakan...

Assalamualaikum kak..
Kak mau tanya dong
Saya mau kuliah di UNS tahun 2017 ambil jurusan Psikologi kak. Nah di jurusan psikologi itu kebanyakan menghafal atau hitung hitungan kak dalam pembelajarannya

fuchsia_orchid mengatakan...

@Rienesa Darmawan
Psikologi UNS termasuk prodi baru di UNS, berdiri sejak tahun 2004. Utk ukuran prodi baru dan sudah berakreditasi B, itu sudah merupakan suatu prestasi.
Memang benar, kami menempati kampus 2 di Kampus Mesen. Sebelumnya di Kampus Tirtomoyo. Gedungnya masih layak dikatakan sbg kampus. Bahkan ada wacana, psikologi UNS akan berdiri menjadi Fakultas Psikologi. Saat ini masih menginduk dengan Fakultas Kedokteran.
Utk lebih lengkapnya, silakan baca artikel berikut:
http://m.solopos.com/2016/04/22/perguruan-tinggi-ini-3-fakultas-baru-uns-solo-713116
Utk perbedaan psikologi UNS dengan yg lainnya, silakan baca komentar2 saya di atas.
Oiy, kuliah di mana saja, asalkan kita niat dan berprestasi, tidak masalah. Utk karier ke depannya juga tergantung diri kita masing2. Ingatlah bahwa mutiara di dalam rendaman lumpur akan tetap menjadi mutiara. Jadi teruslah berprestasi utk meraih masa depan yg cerah yaa. Semangat 😊

fuchsia_orchid mengatakan...

@Yumna Ghina Mustika
Wa'alaikumsalam. Mata kuliah di jurusan Psikologi mayoritas hafalan dan penerapan di dalam kehidupan sehari2 dek. Tapi ada mata kuliah yg hitungan, seperti statistik. Utk pengerjaan skripsi kuantitatif juga menggunakan sistem penghitungan dengan aplikasi SPSS.

ANNISA MUTIA DEWI mengatakan...

Halo mbak! Mau tanya nih mbk, untuk akreditasi setiap jurusan it bakal diperbaharui setiap berapa tahun ya mbak? Terus kalau pilih psikologi uns ada gak sih kayak kerja sama dengan perusahaan atau instansi tertentu yg bakal narik mahasiswa2 dri psikologi uns buat bisa kerja di instansi trsbt nntinya? Terimakasih.

fuchsia_orchid mengatakan...

Akreditasi jurusan diperbarui tiap 5 tahun sekali. Ada dek, psikologi UNS bekerja sama degan CDC UNS (Career Development Center) UNS untuk merekrut lulusan-lulusan berprestasi untuk bekerja di perusahaan tertentu.

dadan blog mengatakan...

skrng udh lulus ya mbk??

fuchsia_orchid mengatakan...

Alhamdulillah udah lulus 2,5 tahun yg lalu.

Unknown mengatakan...

Kak mau tanya, kakak dulu waktu daftar snmptn pilihan akuntansi uns, psikologi uns, dan peternakan undip urutan pilihannya gimana kak? Apakah psikologi uns nya kakak masukkan pilihan dua?
Terimakasih kak

Husnul Khotimah Siregar mengatakan...

Assalamu'alaikum mba'..
Mau nnya nih, klo di psikologi UNS itu termasuk dat gk sih kegiatan nya (sks yg bnyk dn kegiatan yg mndkung jg padat)??kira kira klo sekalian mo d sambi dgn menghafal Al-Qur'an, bisa terikutii g y mba'?? Ada gk tmn mba yg nymbi ngafal di Baitussalam??

fuchsia_orchid mengatakan...

@Annisa Fauziah Firdausi
Urutannya sesuai grade sbb:
1. Akuntansi UNS
2. Psikologi UNS
3. Peternakan UNDIP

@Husnul Khotimah Siregar
Kegiatannya padat, full kuliah, tapi masih bisa disambi organisasi. Kalau untuk menghafal Al-Qur'an, tergantung pribadi masing2 ya dek. Temenku ada yang bisa sambil menghafal Al-Qur'an di pondok.

Unknown mengatakan...

Kak, mau tanya. Kan kakak udah lulus dari UNS kan? Jadi sekarang kakak kerja nya apa ya? Soalnya aku berminat masuk psikologi UNS 2018 nanti. Oiya, kakak lulus SNMPTN atau SBMPTN?
Terimakasih, kalau bisa dijawab ya kak

fuchsia_orchid mengatakan...

Iya, aku udah lulus tahun 2014 dek. Kmrn kerja di biro psikologi industri dan organisasi di Jogja. Skrg aku jadi HRD di Rumah Sakit di Wonosobo dek. Passionku skrg jadi industri, pdhl dulu pas kuliah passionnya ke klinis. Dulu aku SNMPTN tulis, kl skrg istilahnya SBMPTN ya?
Okey dek @Ghina Tsuraya, smg lolos bisa masuk psikologi UNS ya. Good luck 😊

Unknown mengatakan...

kak aku tertarik buat masuk uns psikologi.. tapi bagaimana caranya tau apakah kita benar2 cocok di jurusan itu atau tidak?

fuchsia_orchid mengatakan...

Dek @Amatulloh bisa mengikuti psikotes untuk penjurusan di perkuliahan, dengan cara psikotes minat dan bakat. Jadi bisa mengukur potensi dan minat diri untuk kuliah di jurusan tertentu.

Unknown mengatakan...

Hai kak, boleh tau gak sih berapa persen dari soal SNMPTN (sekarang SBMPTN) yang kaka kerjakan dulu? Kalau boleh tipsnya juga dong dalam mengerjakan soalnya juga hehehe trimakasih

fuchsia_orchid mengatakan...

Soal yg aku kerjakan semaksimal mgkn krn dulu nggak ada sistem minus kl salah mengerjakan. Kl utk yg skrg, kurang tau gmn aturannya ya. Coba searching2 aturan terbaru sbmptn. Tips mengerjakan soal adl byk2 belajar kisi2 dan mengerjakan variasi soal sbmptn dari buku. Sblm mengerjakan soal,jgn lupa berdo'a dulu. Smg membantu ya tipsnya dek @esterlita putri

Unknown mengatakan...

Kak, saya ingin sekali masuk UNS Psikologi. Tapi setelah didiskusikan dengan ayah saya, beliau inginnya saya ambil teknik padahal selama ini minat saya sama seperti kakak, akuntansi, sosial-ekonomi. Saya dari IPA juga kak, menurut kakak bagaimana? :')

fuchsia_orchid mengatakan...

Saranku, km ikut psikotes utk mengukur minat dan bakatmu. Kalau sudah ketemu minat dan bakatmu, utk selanjutnya dipertimbangkan prospek ke depannya, lebih berprospek jurusan yg mana. Smg membantu 😊

Unknown mengatakan...

Kak yang masalah akreditasi, taun ini jurusan psikologi masih b ya kak?

Unknown mengatakan...

Kak boleh minta nomer wa nya

Citra Tunggadewi mengatakan...

Iya, akreditasi prodi Psikologi UNS masih B.

deahaditsa@gmail.com mengatakan...

Saya tahun ini alkhamdulillah ketrima UNS psikologi jalur snmptn/nilai rapor . Bahkan aku dari IPS demi alloh, temen2ku pada ngetawain aku ambil itu, cuma 1 aja pengemangatku(sayangnya dia kurang berunyung di snmptn).Belum lagi aku dicari-cari guru bk karena dikira aku menyia2kan kesempatan snmptn. Ternyata alloh berkehendak lain.. doaku dan doa ortuku untuk kuliah yg dibarokahi terkabulkan ..masya alloh.. semangatt buat yang mau kesini.. yakin pasti bisa

Citra Tunggadewi mengatakan...

Alhamdulillah, selamat bergabung dengan keluarga besar Psikologi UNS ya dek @dea rullya haditsa :)

Unknown mengatakan...

Kak mau nanya. Kan ada praktiknya ya.. Biaya praktiknya berapa ya kak?

Citra Tunggadewi mengatakan...

Kl utk yg zaman now, aku kurang tau dek. Kl aku dulu gratis dek, udah trmsk biaya per semester. Peralatan praktik sudah difasilitasi kampus psikologi UNS.

Renata Tania mengatakan...

2020,psikologi uns juga masih akre b kak?

Citra Tunggadewi mengatakan...

Iya, Psikologi UNS akreditasi program studi B. Tapi akreditasi universitasnya A @Renaaeeee

Citra Tunggadewi mengatakan...

Utk sementara, hanya menerima konsultasi lewat kolom komentar yaa 😁